News Breaking
PHTV
wb_sunny

Breaking News

Balik dari Palu Sulteng, Ketum Imam Sambangi Pemuda di Bandung

Balik dari Palu Sulteng, Ketum Imam Sambangi Pemuda di Bandung


BANDUNG -- Hanya beberapa jam di rumah sekembali dari perjalanan panjang Tolitoli – Palu – Jakarta, Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Hidayatullah Imam Nawawi kembali bergerak dan bergeser ke Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu dini hari (9/3/2022). Di Bandung Ketum Imam menyapa dan menjumpai PW Pemuda Hidayatullah Jawa Barat yang diketuai oleh J. Solin ini. 

Forum informal tersebut dibersamai pengurus DPW Hidayatullah Jabar Andi Suhendar dan Ketua PW Pemuda Hidayatullah DKI Jakarta Haniffudin Chaniago yang dilakukan disela agenda utama Ketum Imam memenuhi undangan pelatihan menulis di kota kembang itu.

Senafas dengan agenda pelatihan literasi tersebut, Ketum dalam satu forum meriung dengan PW Pemuda Hidayatullah Jabar yang juga dibersamai Bustanul Arifin, Kabid Organisasi PP Pemuda Hidayatullah, menyampaikan bahwa gerakan literasi di zaman ini bukan lagi sebagai sebuah kebutuhan melainkan sebagai tuntutan. 

Oleh sebab itu, Ketum Imam menekankan bahwa Pemuda Hidayatullah amat menyadari realitas zaman itu yang karenanya salah satu program utama dari tri program nasionalnya adalah melahirkan penulis yang mampu menghidupan kultur literasi Islam yang cerdas, tangguh, dan berpengaruh. 

"Islam hari ini dapat dikatakan kekurangan petarung literasi, yang padahal ini adalah milik kita sebagaimana ditunjukkan ulama masa lalu," imbuhnya. 

Bukan tidak mungkin, kata Imam, budaya literasi dan cemat kurasi akan menjauh dari kehidupan umat apabila aspek ini tak terperhatikan yang pada gilrannya umat mengalami penurunan daya baca, kehilangan energi bernalar, dan mengalami kesukaran menentukan skala prioritas. 

"Akibatnya fokus kita terpecah, mudah diadu domba, ego sektoral merajalela, agenda penting keumatan dan kebangsaan pun akhirnya terabaikan bahkan kian menganga tanpa ada kemampuan menyulamnya agar tak semakin tercabik cabik," kata Imam. 

Karenanya, Ketum Imam berharap Pemuda Hidayatullah Jawa Barat bisa mempelopori gerakan literasi umat agar semakin cerdas, berilmu, memiliki ketangguhan wacana, meneguhkan kesadaran, hingga kemudian melahirkan amal perbuatan yang bernilai maslahat untuk semua. (ybh/hio)

Tags