News Breaking
PHTV
wb_sunny

Breaking News

Buruan Daftar, Bersama Qum! Ikuti Daurah Al Qur'an Bersanad

Buruan Daftar, Bersama Qum! Ikuti Daurah Al Qur'an Bersanad


BALIKPAPAN - Komunitas milenial, Quran Movement (QUM), akan menggelar kegiatan pelatihan atau Daurah Al Quran Bersanad selama 3 hari di Kampus Madya Hidayatullah Karang Bugis, Jln Sultan Alauddin, No.26, RW.01, Mekarsari, Kecamatan Balikpapan Tengah, Kota Balikpapan, Kaltim mulai Jum'at, (18/3/2022). 

Jika tak ada halangan, pembukaan Daurah Quran Bersanad gelaran Qum ini insyaAllah akan dihadiri Walikota Balikpapan, H. Rahmad Mas'ud, Kepala Kemenag Balikpapan yang juga Pembina Yayasan Qolbun Salim KH Johan Marpaung, S.Ag, M.M., dai milenial Ust. Ibrohim Fadlannul Haq, dan pemegang sanad qiro'ah sab'ah yang alumni Universitas Islam Madinah Ust. Baharun Musaddad, Lc. 

Acara daurah Quran bersanad selama 3 hari bertajuk "Talaqqi Quran Bangun Peradaban" ini akan dibimbing oleh pakar yang umumnya merupakan ulama muda seperti Ust Baharun Musaddad, alumni Universitas Al Iman Yaman Ust Muzhirul Haq, Lc, dan Ust Muhammad Nahidh Syayyifan Lc. Ada juga pengasuh Pendidikan Ulama Zuama (PUZ) Balikpapan Ust Muhammad Dinul Haq yang merupakan jebolan Universitas Islam Madinah. 

Tak ketinggalan, program daurah Quran QUM ini juga membuka kelas khusus akhwat yang dibimbing langsung oleh ahli seperti Ustz Almujahidah, Ustz Maysarah Kamilah, Ustz Dhiyaan Musaddad, Ustz Ummu Amru Zanki, Ustz Athifah Musaddad dan Ustz Ummu Ayman. 

Adapun syarat kepesertaan untuk kelas intensif yaitu tentu saja harus muslim, mengisi formulir pendaftaran, mengerti bahasa Arab minimal pasif, bersedia ikut dan mematuhi tata tertib selama daurah, dan dibatasi hanya untuk 10 peserta. 

Adapun unuk peserta umum, mensyaratkan muslim atau muslimah (ikhwan/ akhwat) bersedia mengikuti dan mematuhi tata tertib selama daurah dan mengisi formulir pendaftaran.

"Berbeda dengan kelas intensif, syarat untuk peserta umum tidak ada batas jumlah peserta," kata koordinator QUM Ust Fauzan Husain. 

Kegiatan daurah yang akan dimulai tanggal 18 hingga 20 Maret ini memberikan fasilitas diantaranya modul daurah, alat tulis, dan sertifikat serta mendapatkan materi yang konfrehensif selama kegiatan serta pembimbing yang mujawwal/ah. 

Informasi pendaftaran selengkapnya juga dapat menghubungi chapter QUM di berbagai daerah di Indonesia atau kontak nomor narahubung 0812-5371-9300 dan klik tautan https://bit.ly/Qum-bersanad . Pantau juga update program Qum di IG @qumuniverse


Tentang Qum

Quran Movement (QUM) atau gerakan pemuda ber-Quran merupakan komunitas pemuda sebagai wadah untuk berkreasi, bertumbuh, bergerak mengabdi, dan meluaskan kebermanfaatan untuk semua dalam naungan keberkahan Al Qur'an. 

Nama "Qum" diambil dari salah satu energi saripati Al Quran Surat Al-Muddatstsir Ayat 2 yang memerintahkan agar bangun dan segera bangkit memberi peringatan. 

Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Hidayatullah, Imam Nawawi, dalam sambutannya saat peluncuran Qum di Kota Malang, mengatakan kelahiran Qum sebagai gerakan swadaya pemuda didorong oleh semangat untuk tidak saja membangun pribadi pemuda melainkan juga sebuah ikhtiar untuk membangun umat, bangsa, dan negara. 

"Qum adalah term universalisme Islam yang mengalirkan energi kebangkitan, pengabdian pada kebenaran, seruan persaudaraan dan kesabaran, serta yang selalu mendenyuti pengarusutamaan Al Qur'an sebagai inspirasi jalan kebahagiaan dunia dan akhirat," kata Imam saat peluncuran Qum di Auditorium Ar-Rohmah Putri II Pesantren Hidayatullah Malang bersamaan dengan penutupan Rakernas Pemuda Hidayatullah 2022, Ahad (19/12/2021). 

Qum didirikan hasil musyawarah dan aspirasi dalam Rakernas Pemuda Hidayatullah 2022 yang berlangsung selama 3 hari di Auditorium Ar-Rohmah Putri II Pesantren Hidayatullah Malang sejak 17-19 Desember 2021. 

Tags