News Breaking
PHTV
wb_sunny

Breaking News

Sekjen Hadiri Peresmian Masjid At Tawaf Kepulauan Seribu

Sekjen Hadiri Peresmian Masjid At Tawaf Kepulauan Seribu


KEPULUAN SERIBU - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Pusat (PP) Pemuda Hidayatullah, Mazlis B. Mustafa, mewakili Pemuda Hidayatullah menghadiri undangan dari Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi (Purn.) Dr.(H.C) Drs. Syafruddin Kambo, M.Si.  dalam rangka peresmian Masjid At Tawaf di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Jum’at (18/3/2022). 

Pada kesempatan tersebut Sekjen Mazlis turut dibersamai senior pemuda Hidayatullah yang kini mengemban amanah sebagai sekretaris DPW Hidayatullah DKI Jakarta, Suhardi Sukiman.

Bersama dengan sejumlah unsur pimpinan ormas, tokoh agama dan masyarakat, Sekjen Mazlis beserta seluruh rombongan berkumpul di Dermaga Jetski Café, Penjaringan, Jakarta Utara untuk selanjutnya menaiki kapal cepat (speed boat) yang telah disiapkan oleh panitia. 

Sekitar setengah jam perjalanan mengarungi lautan yang dikawal langsung Ditpolairud Polda Metro Jaya, rombongan akhirnya sampai di Pulau Untung Jawa dan acara kemudian dimulai pada pukul 10.00 WIB. 

Masjid At Tawaf yang berdiri di atas tanah wakaf milik Bapak Komjen Pol (P) Dr. Drs. H. Syafruddin, M.Si seluas 500 m² ini terlihat minimalis tapi megah. 

Masjid yang sepenuhnya didirikan oleh Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Wakapolri) 2016-2018 ini diawali dengan peletakan batu pertama pada September 2021 lalu dan diresmikan dan digunakan pada Maret 2022. 


Artinya, proses pembangunan masjid ini tergolong sangat cepat jika dibandingkan pembangunan masjid pada umumnya. “Ini masjid tercepat dibangun. Cuman 2 bulan sudah jadi”, kenang pria yang juga Mantan MenPAN RB ini.

Acara diawali dengan mendengarkan lantunan suci Al Qur’an yang dibawakan oleh qori muda kondang yang juga merupakan salah seorang influencer beken, Ustadz Taqi Malik, yang membacakan Al Qur’an Surah Al Baqarah ayat 123-129.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti Masjid At Tawaf dan sambutan. Dalam sambutannya, Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi, menyampaikan keberadaan masjid ini diharapkan bermanfaat bagi ummat Islam khususnya yang ada di kelurahan Pulau Untung Jawa dan dapat lebih dimakmurkan agar mendapat keberkahan dunia dan akhirat.

Sementara itu, dari Komjen Pol (P) Dr. Drs. H. Syafruddin, M.Si dalam sambutannya menyampaikan syukur kepada Allah SWT dan terima kasih yang hadir. 

Syafruddin mengundang umara dan ulama dalam acara ini, karena, kata dia, negara ini akan baik ketika umara dan ulama dapat bersinergi dengan baik. "Seremonialnya peresmian masjid, hakikinya adalah silaturrahim," kata Syafruddin. 

Di acara ini , bersilaturahim tiga kekuatan besar umat Islam yakni masjid, pesantren dan majelis taklim. Pamen Desumdaman Polri (Ajudan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla) ini menutup sambutannya dengan harapan hadirnya masjid ini mampu membawa manfaat yang besar bagi bangsa dan umat. 

"Jangan melihat Pulau Untung Jawa atau masjidnya yang hanya luasnya 330 m², suatu tempat yang kecil, suatu ruangan yang sederhana, (tetapi) bisa menghadirkan pemikiran pemikiran yang besar untuk bangsa dan umat Islam di seluruh dunia," tandasnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan tausiyah oleh dai kondang Ustadz Dr. Das’ad Latif dan sholat Jum’at yang dipimpin oleh KH Dr Anang Rikza Masyhadi. 

Turut hadir dalam acara ini dari Kapolres Kepulauan Seribu AKBP Eko Wahyu Fredian,SIK, Anggota DPR RI Dr. Kamrussamad, sejumlah Pimpinan Pondok Pesantren, Ketua BKMT Pusat, DPW BKPRMI DKI Jakarta, JPRMI DKI Jakarta, tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat. (ybh/hio)

Tags