News Breaking
PHTV
wb_sunny

Breaking News

Semarak Memakmurkan Masjid dengan Gerakan BBM Nasional

Semarak Memakmurkan Masjid dengan Gerakan BBM Nasional


MANOKWARI - Selain pusat peradaban, masjid memiliki posisi sangat istimewa dalam fungsinya sebagai sentral pengembangan ilmu dan pusat kebudayaan Islam guna melahirkan generasi yang memiliki jatidiri muslim yang kokoh dan menawan. 

Oleh sebab itu, sedapat mungkin upaya terus dilakukan agar pemuda dekat dengan masjid. Salah satu diantaranya dengan program Bersih Bersih Masjid (BBM) yang telah digulirkan sejak beberapa tahun lalu. 

Bertepatan dengan momentum memasuki bulan suci Ramadhan 1443, Program BBM Pemuda Hidayatullah dengan tagline-nya "Clean Mosque: Masjid Bersih, Ibadah Ramadhan Gigih" terus digulirkan secara nasional di berbagai daerah terutama pada jelang memasuki bulan suci Ramadhan 1443. 

Seperti yang diadakan hari ini, Sabtu (27/3/2022), aksi BBM digelar di Makassar, Balikpapan, Manokwari, Semarang, dan di berbagai titik lainnya di Indonesia yang telah dikomitmeni oleh PW yang ada. 

Beberapa daerah akan menyusul, seperti Banten, Jakarta, Jayapura, Aceh, Maluku Utara dan lainnya. Sebelumnya BBM telah terlaksana di Pasang Kayu oleh Pemuda Hidayatullah Wilayah Sulawesi Tengah. 

Ketua Departemen Dakwah PP Pemuda Hidayatullah, bang Ust Muzhirul Haq, yang membidangi program ini mengatakan program BBM bukan gerakan bersih bersih semata tetapi mengandung semangat berkiprah, kolaborasi, persaudaraan, serta mengejawantahkan nilai kerekatan sosial antar sesama dalam bingkai silaturrahim. 

"Pada program BBM Pemuda Hidayatullah ini memuat pesan agar kita memelihara kebaikan yang diharapkan meresonansi lahirnya kemaslahatan yang meluas untuk semua," kata Muzhirul Haq. 

Ketum PP Pemuda Hidayatullah Imam Nawawi menambahkan, sebagai rumah Allah, tentu masjid tidak saja menyediakan kesempatan insan beriman meraih pahala dan barokah dengan aktivitas ibadah. Tetapi juga dalam hal membersihkan. 

"Artinya, program Bersih-Bersih Masjid ini penting dalam pandangan Allah dan Rasul-Nya. Semoga Allah berikan kekuatan kepada Pemuda Hidayatullah untuk terus kuatkan syiar dakwah mulia ini melalui Program Bersih-Bersih Masjid," katanya. 

Kendati mungkin agak terlihat sederhana, mereka yang bergerak membersihkan masjid dalam arti harfiah akan mendapatkan pahala kebaikan dari Allah SWT dengan ganjaran yang amat besar. 

"Ganjaran BBM adalah surga," kata Imam yang menukil sebuah hadits yang disebutkan oleh Imam Suyuthi dalam Kitab Lubabul Hadits, dari Said Al-Khudri, dari Nabi Muhammad SAW.

Tidak hanya pada momentum tertentu seperti menjelang atau ketika Ramadhan, kegiatan BBM Pemuda Hidayatullah telah digulirkan sejak beberapa tahun lalu dan terus dijalankan. Foto kegiatan BBM di kota lainnya, klik di sini. (ybh/hio)

Tags